Loading...
Gadget by The Blog Doctor.

Saturday 22 August 2009

Unchk

Ada yang tahu mengenai Unchk?bagi yang belum tahu ,Unchk adalah sebuah software utility gratis untuk mengembalikan file yang ekstensinya berubah menjadi CHK files menjadi ekstensi sebenarnya.

Software gratis ini bukan barang baru tapi berhubung saya baru tahu ya saya posting saja.berawal dari data dalam flashdisk saya yg hilang sebesar 2,8 gb yang membuat saya benar-benar panik akhirnya membawa saya pada Unchk yang mampu menampilkan/merecover file dalam flash disk saya kedalam format asalnya.meski nama filenya berubah dan tidak semua file bisa terbaca tapi saya cukup senang karena Unchk mampu mengembalikan sebagian besar data dalam flash disk saya.

Bila teman-teman mengalami kejadian seperti saya ada beberapa hal yg patut jadi perhatian :

1. jangan panik (dalam keadaan panik kadang-kadang kita bertindak bodoh)
2. coba lihat dulu propertis dari removable madia tempat menyimpan filenya,ada perubahan volume yg digunakan atau tidak (free/used space) ini bisa dilakukan dengan cara mengklik kanan pada media penyimpanan dan pilih propertis.
3. check juga ada file yg terhidden apa tidak sebaiknya tampilkan semua file terhidden, ini bisa dilakukan dengan membuka control panel --> folder option-->buka tab view --> dan pilih show hidden files and folder.ini penting karena apabila file anda hilang akibat ulah virus dan kawan-kawan maka si virus berusaha menyembunyikan file asli dan menggantinya dengan file buatan si virus tsb.
4. perhatikan ada folder dengan nama Found 000 atau tidak karena biasanya windows akan memasukan semua file yg berubah menjadi file CHK dalam satu folder khusus dengan nama berurutan misal found 000 ,found 001 dsb.
5.bila sudah menemukan folder dengan nama found xxx kita tinggal men-copy Unchk.exe kedalam folder tersebut dan menjalankannya dari sana.pilih metode recovery sesuai dengan keinginan anda, mau yg cepat atau yang lambat.tapi kalau boleh saya sarankan pilih opsi "embedded"

bila langkah 2 sampai 4 sudah dijalankan tapi masih belum menemukan folder yg dimaksud maka anda perlu merubah attribut folder dalam komputer anda melalui command promt untuk command anda bisa tanya Mbah google.terima kasih. Sumber

1 comments:

×÷·´¯`·.·•[ peace ]•·.·´¯`·÷× said...

Kata orang tua dulu mencegah lebih baek dari mengobati,nah sebelum itu terjadi siap siap obatnya aja dulu ya sob.....

Template by - Abdul Munir | Daya Earth Blogger Template